Terimalah seadanya...inilah yg mampu disumbangkan

Rabu, 13 Mac 2013

Kenapa jantungku kerap berdebar,,,,,??


Kadang kala kita dilanda rasa tertekan ,  cemas , gelisah, kecewa dan stress  yang berkepanjangan. Diantaranya ada yang kita ketahui penyebabnya misalnya kehilangan orang atau barang yang disayangi, beban pekerjaan yang menumpuk dan tidak kunjung selesai, masalah pelik yang tidak bisa diselesaikan dan lain sebagainya. Namun ada juga yang tidak kita ketahui penyebabnya. Tanpa alasan dan sebab yang jelas kita merasa cemas, tertekan dan stressa berkepanjangan.

Rasa cemas dan stress berkepanjangan yang dibiarkan berlarut larut bisa menyebabkan berbagai gangguan pada fisik maupun jiwa seseorang.  Gangguan pada fisik biasa disebut gangguan psikosomatik  seperti rasa gatal pada kulit, naiknya asam lambung, jantung berdebar, gangguan liver , luka dikulit atau bagian dalam tubuh yang tidak pernah sembuh dan lain sebagainya. Gangguan pada jiwa bisa berupa linglung, pelupa, sering marah, bicara sendiri, melamun, tidak ada gairah dan semangat kerja bahkan dalam jangka panjang bisa menjadi gila.

Untuk menghilangkan berbagai perasaan negatif itu cobalah lakukan tadabbur Qur an dengan mendengar dan mentadabburi beberapa ayat Qur’an sebagai berikut dibawah ini.

" Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.23. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembiraterhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri,"
Mafhum S.Al=Hadid ayat 22 - 23

“Ya Allah telah Kau ingatkan pada kami dalam Qur’anMU yang agung bahwa tidak ada satu musibah dan bencana yang menimpa dibumi dan pada diri kami, melainkan sudah Kau tetapkan didalam kitab sebelum terjadinya. Semua itu Kau jelaskan pada kami agar kami tidak bersedih atas apa yang luput dari kami , dan tidak terlalu bergembira dengan apa yang telah Kau berikan pada kami. Sesungguhnya Engkau tidak menyukai setiap orang yang sombong dan membanggakan diri.

Ya Allah tolong kami untuk menyadari peringatanMu ini, beri kami kekuatan dan kesabaran menjalani apa yang telah Kau tetapkan bagi kami. Jangan Kau jadikan kami bersedih, kecewa, dan putus asa atas apa yang menimpa kami. Beri kami kekuatan dan kesanggupan mengatasi segala masalah yang hadir dihadapan kami. Tolong kami untuk ikhlas dan ridho atas apa yang telah kau tetapkan bagi kami. Hilangkan kesedihan, kekecewaan, kegelisahan dari hati kami ya Allah. Teguhkan iman dan keyakinan kami padaMU. Perkenankanlah permohonan kami ini ya Allah”

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Catat Ulasan