Terimalah seadanya...inilah yg mampu disumbangkan

Khamis, 2 September 2010


Di dalam sebuah hadis (40 hadis akhir zaman) Rasulullah saw bersabda yang maksudnya : 'bersegeralah kamu beramal(dgn amalan yang soleh)sebelum datang kepada kamu satu zaman yang penuh dengan FITNAH umpama kepingan malam yang begitu pekat"

Berdasarkan hadis ini saya sandarkan satu kisah untuk kita renungkan bersama.

Khalifah Harun al-Rasyid ingin menghukum mati Abu Nawas setelah menerima laporan.

Maka Abu Nawas pun dibawa menghadap baginda. ” Hai Abu Nawas, benar kamu berkata tidak perlu ruku’ dan sujud dalam salat?” tanya Khalifah dengan keras.

Abu Nawas menjawab dengan tenang, ”Benar, Saudaraku.”

Khalifah berteriak dengan suara menggeletar, ”Kamu memang patut dihukum mati, karena melanggar syariat Islam ”.

Abu Nawas tersenyum seraya berkata-, ”Saudaraku, memang aku tidak menolak bahwa aku telah mengeluarkan pendapat tadi, tapi sepertinya kabar yang sampai padamu tidak lengkap, kata-kataku di putar belit seolah-olah aku berkata salah.”

Khalifah berkata dengan marah, ”Apa maksudmu? jangan membela diri, kau telah mengaku dan mengatakan kabar itu benar adanya.”

Abu Nawas beranjak dari duduknya dan menjelaskan dengan tenang, ” Saudaraku, aku memang berkata ruku’ dan sujud tidak perlu dalam salat, tapi dalam salat apa? waktu itu aku sedang menjelaskan tata cara salat jenazah yang memang tidak perlu ruku’ dan sujud.”

...dan itulah siuasi yang sedang berlaku di negara kita la ni , bila ramai yg jahil mengaku alim , yg berkuasa bertindak membabi buta tanpa pertimbangan akal yg waras... fitnah akan berlaku di mana2.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan