Terimalah seadanya...inilah yg mampu disumbangkan

Selasa, 17 Mei 2011

Pemali...Pemali

Pemali adalah bahasa banjar yang menjurus kepada makna pantang larang. Nenek moyang dahulu sememangnya mengawal anak cucu mereka dengan pantang larang begini. Anak-anak akan jadi takut untuk melakukannya kerana binbang dengan natijah yang akan diterimanya.

Di akhir-akhir ini sahaja banyak pantang larang orang tua-tua dahulu diabaikan. kalau dulu anak-anak takut nak buat itu dan ini sekarang mereka bebas melakukan apa sahaja tanpa terikat dengan pantang larang orang tua-tua dahulukala.

Terdapat beberapa pantang larang yang masih aku ingat dan bagi kita orang Islam kita hanya menganggap ini cuma ancaman orang tua-tua dulu untuk mengawal tingkahlaku anak-anak tak lebih dari itu. Ini kerana segala akibat yang akan berlaku itu tidak ada nas Al-Quran dan Sunnah sebagai rujukan. Percaya atau tidak terserahlah untuk kita menyingkapnya.

Berpindah tempat pada waktu makan
Janganlah berpindah tempat pada waktu makan, karena kelak akan mendapat ibu tiri. Terkecuali pindah pada posisi yang lebih bagus misalnya makannya dilantai, kemudian pindah ke meja makan , kalau itu yang dilakukan kelak akan cepat mendapat pekerjaan yang lebih baik.
Berselimut dengan tikarJanganlah anda berselimut dengan tikar karena kelak anda akan digulung oleh ombak jika mandi di laut.
Berteriak-teriak mengucapkan kata-kata kotor dalam hutan.Janganlah anda berteriak-teriak berkata-kata kotor pada saat berada di dalam hutan, karena anda tak lama lagi akan dimasuki roh halus jahat yang menguasai diri anda (kerasukkan)
Berfoto bersama dalam jumlah ganjilJanganlah berfoto dalam jumlah ganjil karena salah satu dari yang difoto akan cepat meninggal. Biasanya yang ditengah.
Bangun Tidur hingga matahari tinggi .Jika anda bangun tidur hingga matahari hampir berdiri, akan berakibat segala bentuk rezeki yang akan datang akan selalu menjauh kembali.
Bersin sewaktu akan bermusafir. Anda tidak dapat langsung bermusafir sama ada menggunakan kenderaan atau tidak setelah bersin.Paling tidak anda perlu menunggu beberapa minit setelah bersin baru boleh bertolak, kerana kalau anda bersin terus sahaja bertolak pergi anda akan celaka diperjalanan.
Berlama-lama dikamar mandiJanganlah anda berlama-lama dikamar mandi karena akan terlihat lebih tua dari usia anda sebenarnya.
Duduk dipintuAnda dilarang duduk tepat didepan pintu, karena khawatirkan ada makhluk halus yg melintas pintu tersebut dan anda akan jatuh sakit.
Kebiasaan bersedih pada waktu hamilJanganlah selalu bersedih pada waktu hamil, karena kelak akan mendapatkan anak yang kuat menangis(cengeng)
Kebiasaan makan jeruk di malam hariJanganlah anda terbiasa makan jeruk di malam hari, karena akan selalu tertimpa keresahan hati, jika ia seorang yang belum menikah akan susah nak dapat jodoh, dan jika sudah menikah ia akan sering bertengkar.
Kebiasaan menggigit kukuJanganlah sering menggigit kuku, karena akan mengundang nasib buruk dan
sering akan menyebabkan gugup dan akan menderita batin.
Kebiasaan pura-pura menangisJanganlah berpura-pura menangis karena akan berakibat orang tua akan menerima musibah
.Kebiasaan bersiul diwaktu malamJanganlah anda selalu bersiul diwaktu karena disaat anda tidur dimalam itu dan akan mendengar siulan yang berasal dari luar kamar anda. itu adalah tindakbalas dari makhluk halus yang merasa terganggu dengan siulan anda .
Kebiasaan membuang nasi sisa makan, kerana masih kenyangJanganlah selalu membuang nasi sisa makan, ker
ana masih kenyang bermakna kelak selama satu tahun akan mengalami krisis kekeluargaan..
Kebiasaan makan pakai mangkukJanganlah anda selalu suka makan pakai mangkuk, karena akan sering ditinggal pergi saudara.
Kebiasaan mengusap muka/wajah dengan bajuJanganlah selalu mengusap muka/wajah dengan baju karena akan selalu dibenci orang dan susah rezeki.
Kebiasaan memakai baju sambil berjalanJanganlah suka, sering memakai baju sambil berjalan, karena akan berakibat cita-cita tidak akan terlaksana.
Kebiasaan memeluk kepala dengan kedua tanganJanganlah anda melakukan kebiasaan memeluk kepala dengan kedua tangan karena akan menjadikan diri anda kehilangan akal dan fikiran menjadi buntu dan mudah lupa.
Mengangkat kaki ketika tidur bahwa anda menginginkan menginginkan sesuatu yang buruk terjadi pada ibu anda.
Membuka payung Anda dilarang membuka payung didalam rumah, karena akan terjadi sesuatu yang buruk pada keluarga anda.
Menjahit kancing baju ketika baju masih dipakaiJanganlah menjahit kancing baju ketika ketika baju masih dipakai karena akan menderita penyakit yang parah dan selalu gagal dalam usaha selama 1 bulan.
Menyisir rambut sambil berjalanJanganlah adan menyisir rambut sambil berjalan, karena anda akan mendapat malu di depan umum.
Makan otak binatang Janganlah anda memakan otak binatang khususnya untuk anak kecil, karena akan menimbulkan uban sebelum waktunya.
Makan didepan pintu Janganlah anda makan didepan pintu, kelak akan susah nak dapat jodoh.
Makan buah pisang (jantung)Janganlah makan buah pisang (jantungnya) khususnya anak kecil, karena kelak akan berakibat sianak akan bodoh,
Menjual cuka asam pada malam hari Janganlah anda menjual cuka asam pada malam hari, karena akan berakibat pelanggan anda akan berkurang, dan selalu betengkar dengan tetangga.
Makan sebelum orang tua makanJanganlah mendahului makan sebelum orang tua makan, kerana akibatnya susah nak dapat rezeki

Jangan makan pisang kembar . Nanti bersalin dapat anak kembar

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Catat Ulasan